Google
 

a



Selasa, 04 Oktober 2016

Manfaat dan Khasiat Buah Tin



Tin adalah tumbuhan yang menghasilkan buah yang berwarna keunguan dan dapat dikonsumsi secara langsung. Buah tin tumbuh di daerah Asia Barat, dimulai dari pantai Balkan sampai ke Afganistan. Setelah banyak yang mengetahui manfaat buah tin, akhirnya banyak negara yang membudidayakan buah primitif yang satu ini.
Mungkin selama ini Anda hanya menikmati rasa buah tin saja tanpa memikirkan khasiatnya. Tetapi bagi mereka yang memiliki penyakit seperti darah tinggi dan jantung tentu sangat membutuhkan informasi mengenai manfaat buah tin bagi kesehatan secara rinci, terutama dalam mengobati penyakit jantung koroner dan hipertensi.

Manfaat Buah Tin

Meskipun buah tin harganya cukup mahal, tapi tetap saja banyak orang yang memburunya. Wajar saja fenomena tersebut terjadi, karena mereka sudah mengetahui apa saja manfaat buah tin. Jika hingga saat ini Anda belum mengetahuinya, berikut ini akan dijelaskan secara rinci.

1.  Bagus untuk penderita hipertensi

Di dalam tabel nutrisi dapat terlihat dengan jelas adanya omega 3 dan 6, lalu mineral seperti kalium, magnesium, dan fenol yang terkandung di dalam buah tin. Nutrisi dan mineral yang terdapat di dalam buah tin berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Selain itu, buah tin juga dapat dengan efektif menjaga jantung dari serangan penyakit.

2.  Menurunkan kadar kolesterol darah

Kolesterol jahat yang menumpuk di dalam darah dapat memicu terjadinya penyumbatan dalam jaringan sirkulasi darah di dalam jantung. Jika dikeluarkan, maka resiko terkena penyakit jantung dapat dikurangi. Jumlah kadar kolesterol jahat harus diseimbangkan dengan jumlah kadar kolesterol baik, agar memudahkan menyingkirkan plak-plak dan jantung tidak perlu  bekerja keras untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh.
Untuk dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dibutuhkan beberapa tindakan seperti memenuhi kebutuhan nutrisi berupa serat pektin. Nah…kebetulan, buah tin memiliki kandungan serat larut yang bernama pektin yang memiliki keahlian dalam membersihkan tumpukan kolesterkl jahat di dalam usus untuk dibawa keluar.

3.  Dapat mengontrol tekanan darah

Tubuh membutuhkan kalium untuk mengontrol tekanan darah, khususnya bagi penderita hipertensi yang beresiko mengalami serangan jantung yang fatal karenanya. Buah tin adalah penyuplai kalium yang banyak juga beberapa mineral lainnya yang dipercaya berkhasiat dapat menurunkan serta mengontrol darah tinggi.

4.  Tidak mengakibatkan diabetes

Kadar gula di dalam darah yang berada di atas normal merupakan penyebab timbulnya penyakit diabetes atau kencing manis. Dengan mengkonsumsi buah tin secara teratur tidak akan mempengaruhi jumlah kadar gula di dalam darah, hal ini disebabkan karena penggabungan serat dan karbohidrat di dalamnya yang merupakan fruktosa yang mampu mengontrol jumlah gula darah.

Meskipun buah tin memiliki cita rasa manis, tetapi jika sudah diserap oleh tubuh tidak akan memicu diabetes atau membahayakan nyawa penderitanya. Hal ini dikarenakan serat di dalam buah tin akan bekerja untuk memperlambat proses dalam menyerap glukosa pada usus kecil.

5.  Dapat mengoptimalkan kinerja insulin

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Penyakit diabetes sangat erat kaitannya dengan insulin, yaitu hormon yang bertugas untuk mengendalikan glukosa dan merubahnya menjadi energi.
Selain itu, daun dari pohon tin juga dapat direbus dan dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk membantu meningkatkan insulin. Jika kekurangan insulin, maka gula darah tidak dapat dikontrol. Satu-satunya cara yang praktis yaitu dengan melakukan suntuk insulin ke dalam darah agar segera dapat menyebar ke seluruh tubuh dan dapat bekerja secara langsung untuk mengontrol gula darah.

6.  Mencegah kanker usus besar, saluran pencernaan, dan payudara

Manfaat buah tin berikutnya adalah untuk mencegah kanker usus besar, saluran pencernaan, dan payudara. Buah tin dapat terkenal karena memiliki salah satu kandungan antioksidan kuat yang bernama polifenol. Senyawa antioksidan tersebut mampu mengurangi serta mencegah efek radikal bebas yang dialami oleh tubuh seperti kanker. Tidak hanya itu saja, serat di dalam buah tin juga dapat bekerja mengikat zat karsinogen yang mendorong jalannya proses pertumbuhan sel kanker pada saluran pencernaan, tepatnya pada usus besar.

7.  Sebagai obat sakit tenggorokan

Manfaat buah tin berikutnya adalah sebagai obat sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan tidak dapat disepelekan begitu saja karena berkurangnya keinginan untuk makan, sehingga berdampak pada turunnya sistem imun yang memberikan kemudahan bagi bakteri penyakit untuk menyerang tubuh.
Cukup dengan mengkonsumsi buah tin dengan rutin, maka sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Buah tin memiliki banyak cairan atau lendir yang dapat bekerja secara efektif dalam mengobati sakit tenggorokan.

8.  Menurunkan berat badan

Ternyata ada juga salah satu manfaat buah tin untuk diet sehat. Tentu Anda pasti merasa kesal memiliki perut gendut karena menjadi tidak percaya diri untuk pergi ke luar rumah. Tenang saja, karena buah tin siap untuk membantu mengembalikan kepercayaan diri Anda. Cukup konsumsi buah rutin sesuai porsi yang dianjurkan oleh pakar diet, dan jangan lupa mengimbanginya dengan olahraga.

9.  Merawat kulit

Manfaat buah tin berikutnya adalah untuk merawat kulit. Di dalam buah tin terdapat kandungan yang bernama “coumarins” yang berfungsi untuk merawat juga menjava kulit agar tetap sehat, dan dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker prostat.

10.                Perawatan wajah berjerawat

Jerawat adalah masalah umum bagi orang Asia, tetapi mereka sudah mendapatkan sebuah khasiat dari buah tin untuk merawat wajah. Jika di wajah Anda terdapat beberapa butir jerawat, segera dibersihkan dengan mengoleskan buah tin dengan rutin pada wajah. Lalu biarkan selama 10 menit, dan bila sudah kering maka bersihkan wajah Anda.

Manfaat buah tin untuk menghilangkan jerawat dikarenakan di dalam buah memiliki kandungan mineral alkali yang berfungsi untuk mengatur pH di dalam tubuh juga berguna untuk merawat kesehatan kulit Anda.

11.                Baik dikonsumsi setelah hamil

Setelah masa kehamilan berlalu, tentu sang ibu membutuhkan nutrisi yang cukup seperti zat besi alami yang sudah banyak hilang ketika proses persalinan. Memilih suplemen untuk dikonsumsi adalah hal buruk, alangkah baiknya jika Anda memberi asupan zat besi dengan mengkonsumsi buah tin. Karena suplemen yang Anda pilih, biasanya menimbulkan masalah konstipasi atau sembelit.

12.                Berguna untuk mengganti gula

Kebiasaan dari orang-orang Eropa adalah menggunakan buah tin sebagai pengganti gula. Rasa manisnya buah tin memberi sensasi yang berbeda dari pada gula.

13.                Dapat dikonsumsi semua orang

Buah tin dapat dikonsumsi semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa, karena buah tin tidak memiliki efek samping. Buah tin memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat menyehatkan sistem perncernaan yang sedang bermasalah. Buah ini sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai makanan alternatif penunjang kesehatan sehari-hari Anda dan keluarga.

14.                Membuat badan terasa lebih segar

Daun buah tin memiliki kemampuan menurunkan tribliserida, yaitu lemak yang mengalir di dalam darah. Mengkonsumsi teh daun tin dapat membuat tubuh segar selama beberapa saat.

15.                Peluruh batu ginjal

Secara tradisional, daun tin dapat digunakan untuk menghancurkan batu ginjal. Hal ini dikarenaka daun tin memiliki kandungan aponin dan alkaloid, yang berfungsi sebagai diuretik atau peluruh urin.
Selesai sudah pembahasan mengenai manfaat buah tin pada artikel ini. Semoga dengan mengetahui manfaat buah tin yang sudah dijelaskan di atas, membuat Anda menjadi rajin mengkonsumsi buah tin.

sumber: dari berbagai sumber 

Tidak ada komentar:

b

Google