Google
 

a



Selasa, 27 September 2016

Buah Langka Indonesia

Indonesia kaya akan berbagai jenis flora. Berbagai jenis tumbuhan terdapat hampir diseluruh wilayah Indonesia salah satunya buah-buahan. Buah-buahan yang kabarnya tumbuh liar di daratan Indonesia sangatlah enak dan banyak penggemarnya. Buah-buahan langka ini sudah sangat sulit untuk ditemukan. Berikut ini daftar buah langka yang ada di Indonesia:
1. Buah Rambai

Kalau yang buah yang satu ini rasanya manis-manis asam, secara pisik mirip duku, namun buahnya berumbai-rumbai kebawah waktu didahannya. Kulitnya pun lebih tipis dari duku. Pohonnya relatif besar dari duku. Buah ini biasanya banyak digunakan untuk campuran masak ikan sebagai pengganti asam. dan tumbuh didaerah Pulau Bangka Belitung.
2. Buah Manau

Buah manau adalah buah dari pohon rotan, dimana buahnya memiliki rasa yang asam-asam manis, buah ini enak kalau sudah diasin. buah manau banyak terdapat didaerah kepulauan Bangka, Kepulauan Belitung, Pulau Sumatra, Kalimantan. Buah manau dalam satu pohonnya dapat menghasilkan sampai setengah karung, buah ini biasa dijual didaerah pasar-pasar tradisional yang ada didaerah seperti Bangka, Belitung, Kalimantan.
3. Buah Kemunting atau Kerak Duduk

Hidup di daerah yang berpasir berbuah tidak mengenal musim, buah ini rasanya manis dan enak. Secara fisik buah ini kecil-kecil sekitar sejempol orang dewasa, namun buah ini sangat banyak buahnya dalam tiap satu batang. Pohonnya relatif kecil paling besar sebesar kaki orang dewasa, itu pun jarang kebanyakan hanya sebesar jempolan orang dewasa aja. Buah ini banyak terdapat didaerah pasiran Pulau Bangka dan Pulau Belitung.
4. Buah Kelubi

Buah kelubi hidup didaerah perairan yang ada didalam hutan, atau daerah air payau, buah ini mirip sekali dengan salak. Karena sangat miripnya banyak orang mengira ini adalah buah salak, namun rasanya sangat asam, biasanya sebelum dimakan buah ini diasinkan dulu untuk menghilangi rasa asamnya. Buah kelubi ini tumbuh didataran pulau Bangka Belitung.
5. Buah Rukam atau Rukem

Buah Rukem, hidup didataran daerah Sumatra, Pulau Bangka, Pulau Belitung, dengan pohon yang berduri, dan dengan rasa yang manis. Namun apabila masih mentah dan berwarna hijau maka rasanya sepet sekali. Buah ini biasanya di asin atau pun dimakan mentah.
6. Buah Rumbia

Buah Rumbia tersebar banyak di Indonesia, karena Rumbia adalah pohon sagu. Jadi buah rumbia adalah buah yang dihasilkan dari pohon Rumbia atau lebih dikenal dengan sagu. Buah ini rasanya manis-manis getir. Biasanya diasinkan dulu untuk menghilangkan rasa getirnya. Namun sepetnya buah Rumbia ini tidak sebanding dengan getirnya buah Rukem yang mentah. Jadi kalau langsung dimakan biasa tidak masalah.
7. Buah Lai

Nama buah ini adalah Lai, banyak ditemukan di Kalimantan, khususnya di Kalimantan Timur dan Tengah, tampilannya seperti durian, tapi durinya lebih tajam, daging buahnya lebih tebal, dan warnanya kuning, rasa lebih manis, serta baunya tidak setajam seperti durian. Masyarakat setempat juga ada yang menyebutnya sebagai Buah Pepaken.

8. Buah Matoa

Dituturkan dalam Wikipedia, Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman buah khas Papua, tergolong pohon besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. Umumnya berbuah sekali dalam setahun. Berbunga pada bulan Juli sampai Oktober dan berbuah 3 atau 4 bulan kemudian. Penyebaran buah matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 m dpl. Tumbuh baik pada daerah yang kondisi tanahnya kering (tidak tergenang) dengan lapisan tanah yang tebal. Iklim yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang baik adalah iklim dengan curah hujan yang tinggi (>1200 mm/tahun).
9. Buah Kemayau

Buah Kemayau kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia, di karenakan buah ini jarang dibudidayakan orang. Pohon tersebut tumbuh subur dipinggir jalan menuju tempat mandi di sungai Lubai. Pohonnya tinggi 30 meter, lilitannya 100 centimeter, cabangnya banyak, daunnya rimbun dan buahnya lebat.
Orang Kalimantan menyebut buah ini 
Kembayau. Di Brunei ini disebut jugaKembayauSarawakians menyebutnya buah Dabai (Dabai buah). Hal ini dapat ditemukan terutama di Sibu (atau Sibu “zaitun”).
10. Buah Kemang

Buah kemang sejenis mangga, apabila telah matang berwarna kuning kecoklat-coklatan. Buah ini mengeluarkan aroma seperti terpentin. Daging buah berwarna kuning,mengandung banyak cairan dengan rasa asam manis. Buah yang masak dapat dimakan segar, sedang buah yang hampir masak biasanya dimakan untuk campuran rujak.

11. Buah Sawo Jawa

Buah Sawo Jawa berbentuk bulat telur atau bulat telur sungsang berukuran kecil dengan panjang berkisar 3.7 cm. Buah Sawo Jawa mempunyai kulit pembungkus yang sangat tipis namun mudah dikelupas. Buah Sawo Kecik, bila mask mempunyai rasa yang manis dan kadang-kadang terasa sedikit agak getir.
12. Buah Gandaria

Gandaria (Bouea macrophylla Griffith) atau nama lokal lainnya Jatake adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di Sumatera dan Thailand.
Gandaria dimanfaatkan buah, daun, dan batangnya. Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria. Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa asam-manis dan dapat dimakan langsung. Daunnya digunakan sebagai lalap. Batang gandaria dapat digunakan sebagai papan. Gandaria adalah flora identitas Jawa Barat.
13. Buah Genitu

GenituCanitugenitu atau Chrysophyllum cainito. Kabarnya buah ini kalau di Indonesia, aslinya dari Jawa Timur terutama Jember. Bentuknya mirip jambu biji. Kalau sudah matang buahnya empuk. Cara memakannya, buah dibelah dua kemudian dimakan menggunakan sendok. Rasanya agak manis, agak tawar, agak bergetah, agak berlendir, kalau masih belum terlalu matang rasanya getir.

14. Buah Ciplukan

Di Jawa tumbuh secara liar di kebun, tegalan, tepi jalan, kebun, semak, hutan ringan, tepi hutan. Ciplukan biasa tumbuh di daerah dengan ketinggian antara 1-1550 m dpl.
15. Buah Carica

Carica tumbuh di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, Sejenis buah pepaya tetapi ukurannya lebih kecil. Berbeda dengan pepaya carica ini memiliki aroma yang lebih wangi, daging buahnya lebih kenyal, dan rasanya asam.
Itulah beberapa daftar buah-buahan yang kini sedikit sulit untuk ditemukan di kota-kota besar, dan asli Indonesia. Cukup unik dan menarik bukan?
Sumber: Berbagai sumber


Tidak ada komentar:

b

Google